logo shopcumi
  • Hot News
  • 6 bulan yang lalu

Pakar Hukum JJ Amstrong Sebut Sandra Dewi Pelaku Pasif Kasus Pencucian Uang

Image Source : Cumicumi

































Aktris Sandra Dewi saat ini tengah menjadi sorotan usai sang suami, Harvey Moeis ditetapkan sebagai tersangka kasus korupsi timah. Bukan hanya itu, sikap Sandra Dewi saat hadir menjadi saksi di Kejaksaan Agung pun tak kalah menjadi perbincangan.

Dari pantauan awak media di lokasi, Sandra Dewi terlihat tersenyum bahkan memberikan tanda 'Saranghaeyo' sebelum memasuki ruang penyelidikan. Tak ayal, banyak yang menyoroti sikapnya yang seolah seperti tidak merasa bersalah. Terkait hal ini, seorang pakar hukum bernama JJ Amstrong Sembiring pun angkat bicara.


"Kalau kita lihat dalam eksistensi atau kapasitasnya Sandra Dewi, kalau dalam kacamata hukum, itu hanya sebatas untuk sementara ini. Sebagai tindak pencucian uang secara pasif," kata JJ Amstrong Sembiring.

Pakar hukum sekaligus akademis dan aktivis ini menilai, jika Sandra Dewi terlibat dalam tindak pidana pencucian uang, tentu juga akan ada banyak nama yang terlibat

"Kalau dalam kontruksi undang-undang dalam Tindak Pidana Pencucian Uang (TTPU), tentunya yang melakukan tindak pidana pencucian ini secara aktif adalah suaminya, Harvey Moeis. Kalo kasus model ini enggak sebatas Sandra Dewi. Saya pikir akan banyak orang yang terkait," jelasnya.

Bukan hanya itu, JJ Amstrong menilai jika ada alasan lain yang menyebabkan Sandra Dewi tidak bisa langsung dinyatakan ikut terlibat. Hal ini yang perlu dipelajari lebih lanjut dari kasus Harvey Moeis.

"Kalau memang Sandra Dewi terkena dengan TPPU kalau dia terpenuhi unsur-unsur tentang TTPU. Misalnya begini, Sandra Dewi itu kenyataannya ada motif bertujuan menyembunyikan atau menyamarkan asal usul uang yang berasal dari kejahatan. Cuma yang jadi masalah, Harvey Moies ini dinyatakan TPPU atas dari kejahatan siapa?" katanya.

Lebih lebih JJ Amstrong mengungkapkan jika Harvey Moeis masih perlu diivestigasi terkait statusnya yang merupakan tersangka aktif dalam kasus ini. Pasalnya ayah dua anak tersebut awalnya hanya seorang pebinis dan berusaha bertransaksi bisnis.

"Harvey Moeis kan cuma orang bisnisman dengan mengatasnamakan PT, menjabat sebagai presiden komisaris yang berusaha bertransaksi bisnis. Tapi kan di atasnya ada. Kalo Sandra Dewi kan jelas, dia posisinya pasif dari suaminya, karena dia membelanjakan misalkan. Dia menikmati misalkan. Begitu juga nanti ada yang nambah-nambah lagi yang terkait," sambungnya. (ND)


related articles
Jawaban Ambigu Dewi Perssik Terkait Hubungannya dengan Mayor Teddy

  • Hot News
  • 1 hari yang lalu
Ini yang Bikin Dewi Perssik Dijodoh-jodohkan dengan Mayor Teddy

  • Hot News
  • 3 hari yang lalu
Harvey Moeis Ditahan, Ini Cara Sandra Dewi Nafkahi Anak-anaknya

  • Hot News
  • 6 hari yang lalu